E-leadership

E-leadership adalah proses pengaruh sosial, dimediasi oleh teknologi, untuk menghasilkan perubahan dalam sikap, perasaan, pemikiran, perilaku, dan kinerja dengan individu, kelompok, atau organisasi untuk mengarahkan mereka ke arah pencapaian tujuan tertentu ;. Seperti yang dinyatakan oleh Avolio dan Kahai (2002), ini melibatkan meningkatkan hubungan antara anggota organisasi dalam konteks di mana pekerjaan dimediasi oleh teknologi. Dalam hal ini, komunikasi dan pengumpulan dan penyebaran informasi terjadi melalui teknologi informasi. Secara tradisional, kepemimpinan dalam organisasi melibatkan tatap muka interaksi. Sekarang, pemimpin dapat menyebabkan seluruh proyek dari kejauhan dan berinteraksi dengan pengikutnya hanya melalui teknologi informasi. Hari ini, organisasi yang menggabungkan teknologi yang interaksi, menciptakan kebutuhan untuk e-leadership. kabel ini melibatkan bentuk teknologi seperti video conference, perangkat lunak kolaborasi online, ponsel, e-mail, dan Wi-Fi. Akibatnya, organisasi yang berjuang dengan masalah teknologi integrasi sementara karyawan menghadapi kurva belajar yang curam ;. Namun, pemahaman kita tentang bagaimana sistem informasi mengubah dinamika manusia telah tertinggal di belakang pengenalan dan penggunaan teknologi baru. Dengan demikian, teknologi yang digunakan tanpa mengetahui memperpanjang penuh dampaknya terhadap dinamika manusia dalam organisasi.

E-leadership is a social influence process, mediated by technology, to produce a change in attitudes, feelings, thinking, behavior, and performance with individuals, groups, or organizations to direct them toward achieving a specific goal;. As stated by Avolio and Kahai (2002), this involves enhancing the relationships among organizational members in a context in which work is mediated by technology. In this case, communication and the collection and dissemination of information occurs via information technology. Traditionally, leadership in organizations involve face-to-face interactions. Now, leaders may lead entire projects from a distance and interact with followers solely through information technology. Today, organizations are incorporating technology that interactions, creating a need for e-leadership. This wiring involves forms of technology such as videoconferencing, online collaboration software, cellphones, e-mail, and Wi-Fi. As a result, organizations are struggling with technological-integration issues while employees face a steep learning curve;. However, our understanding of how information systems change human dynamics has lagged behind the introduction and use of new technology. Thus, technology is being used without knowing the full extend of its impact on human dynamics in organizations.

The challenge of virtual leading

Menurut Cook (2010), pemimpin dalam lingkungan virtual memiliki tanggung jawab dasar yang sama seperti tatap muka pemimpin seperti mengatur dan memotivasi tim, memantau kemajuan, dan mengembangkan anggota tim. terutama karena teknologi memungkinkan seseorang untuk bekerja dari mana saja, Namun, e-pemimpin menghadapi menambahkan tantangan seperti pemantauan dari jauh, tim bangunan diambil dari budaya yang berbeda, memotivasi pengikut, menanggapi pertanyaan, meningkatkan fleksibilitas untuk memenuhi perubahan teknologi yang cepat, dan mengembangkan teknis keterampilan seperti belajar bagaimana menggunakan teknologi untuk memfasilitasi kepemimpinan. Selain itu, keterampilan komunikasi ditingkatkan diperlukan untuk membangun kepercayaan, kedekatan dan memastikan pesan tidak disalahartikan yang membutuhkan lebih sering komunikasi dan kerja ekstra. Akhirnya, sulit untuk membangun ikatan dekat ketika dipisahkan oleh ruang dan waktu; sehingga e-pemimpin memiliki peran penting dalam pengembangan hubungan dalam tim virtual.

The challenge of virtual leading

According to Cook (2010),leaders in a virtual environment have the same basic responsibilities as face-to-face leaders such as organizing and motivating teams, monitoring progress, and developing team members. especially since technology allows one to work from anywhere, However, e-leaders face added challenges such as monitoring from a distance, building teams drawn from different cultures, motivating followers, responding to questions, increasing flexibility to meet rapid technological changes, and developing technical skills like learning how to use technology to facilitate leadership. Additionally, enhanced communication skills are needed to establish trust, closeness and ensure messages aren’t misinterpreted which requires more often communication and extra work. Finally, it is difficult to establish close bonds when separated by time and space; thus e-leaders have a significant role in the development of relationships in virtual teams.

E-leadership Research

Para peneliti telah menyelidiki e-kepemimpinan baik di pengaturan organisasi dan laboratorium. Menurut Avolio dan Kahai (2002), studi lapangan dari tim virtual menunjukkan bahwa interaksi awal selama pembentukan tim dapat memprediksi kepercayaan berikutnya, kepuasan, dan kinerja. Misalnya, tim yang menghabiskan pertemuan awal mengidentifikasi anggota tim dan mengklarifikasi harapan ditemukan memiliki kinerja yang lebih tinggi beberapa bulan kemudian. Dengan demikian, dalam rangka memberikan tim virtual dengan alasan untuk bekerja sama, e-pemimpin harus mempromosikan saling ketergantungan dan ketergantungan satu sama lain. Harus dicatat bahwa tim virtual dapat geografis dan budaya tersebar. Dengan demikian, dalam rangka membina hubungan dekat dalam tim secara geografis, pemimpin harus mendorong berbagai komunikasi tugas terkait. E-leadership juga telah diteliti dalam pengaturan lebih terkontrol. Menurut, percobaan terkontrol pada e-leadership menunjukkan bahwa kepemimpinan partisipatif mungkin lebih cocok untuk menghasilkan solusi untuk masalah un- atau semi-terstruktur dengan kepemimpinan direktif mungkin lebih cocok untuk menghasilkan solusi untuk masalah terstruktur. Studi ini juga melaporkan bahwa fitur dari sistem groupware yang digunakan untuk komunikasi dapat menggantikan kepemimpinan. Akhirnya, eksperimen terkontrol juga melaporkan bahwa motivasi ditingkatkan dengan anonimitas. Dengan demikian, e-pemimpin mungkin harus mempertimbangkan menggunakan anonymous chat room dan jajak pendapat seperti yang disebutkan sebelumnya

E-leadership Research

Researchers have investigated e-leadership in both the organizational and laboratory setting. According to Avolio and Kahai (2002), field studies of virtual teams suggest that early interactions during the formation of the teams can predict subsequent trust, satisfaction, and performance. For example, teams who spent early meetings identifying team members and clarifying expectations were found to have higher performance several months later. Thus, in order to provide virtual teams with a reason to work together, e-leaders should promote interdependence and reliance on each other. It must be noted that virtual teams may be geographically and culturally dispersed. Thus, in order to foster close relationships in geographically dispersed team, leaders should encourage a variety of task related communication. E-leadership has also been investigated in more controlled settings. According to, controlled experiments on e-leadership suggest that participative leadership may be more suitable for generating solutions for un- or semi-structured problems while directive leadership may be more suitable for generating solutions for structured problems. These studies also report that features of the groupware system that is used for communication may substitute for leadership. Finally, controlled experiments also report that motivation is enhanced by anonymity. Thus, e-leaders should probably consider using anonymous chat rooms and polls as mentioned previously.

E-Leadership Approaches/Styles

E-kepemimpinan dapat melibatkan gaya yang sama dan konten kepemimpinan tatap muka tradisional, terutama karena kemajuan teknologi memungkinkan lebih banyak interaksi maya visual. kepemimpinan partisipatif melibatkan menciptakan peluang bagi individu untuk lebih terlibat dalam pengambilan keputusan. Mengingat pentingnya memiliki anggota yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan, partisipatif e-pemimpin dapat menggunakan teknologi seperti chat room dengan masukan anonim dan jajak pendapat elektronik sebagai alat untuk menginformasikan kedua pengikut mereka dan diri mereka sendiri. Seperti kepemimpinan transformasional lebih tradisional, e-leadership juga bisa menginspirasi. Untuk tujuan ini, e-pemimpin dapat menggunakan alat seperti e-mail untuk berkomunikasi visi menarik, bangga dengan prestasi pengikut, atau kegembiraan tentang usaha baru.

E-Leadership Approaches/Styles

E-leadership can involve the same style and content as traditional face-to-face leadership, especially as the advancement of technology enables more visual virtual interactions. Participative leadership involves creating opportunities for individuals to be more involved in decision-making. Considering the importance of having members involved in the decision-making process, participative e-leaders can use technology such as chat rooms with anonymous input and electronic polls as tools to inform both their followers and themselves. Like the more traditional transformational leadership, e-leadership can also be inspiring. To this end, e-leaders can use tools such as e-mail to communicate compelling visions, pride in the accomplishments of followers, or excitement about new ventures.

Successful E-leadership

Tidak ada yang bisa menyangkal bahwa menjadi seorang pemimpin yang sukses membutuhkan membangun hubungan dan kepercayaan. Namun, dalam kasus e-leadership, satu mungkin memiliki tantangan tambahan membangun hubungan dan kepercayaan lebih cepat. hubungan pribadi yang dekat yang mungkin dalam pengaturan virtual dan pemimpin dapat membantu dalam membina mereka dengan mempertimbangkan faktor-faktor kekayaan media. Dalam memilih modus komunikasi, para pemimpin ini harus mempertimbangkan kapasitas untuk memberikan umpan balik segera, ketersediaan personalisasi, berbagai bahasa. Untuk tujuan ini, pemimpin perlu belajar kejelasan dan interaktivitas media untuk membuat kehadiran mereka terasa dalam cara yang positif. Avolio dan Kahai (2002) menyebutkan bahwa sukses e-leadership melibatkan keseimbangan yang tepat dari metode tradisional dan baru, menghindari kesalahpahaman dengan hati-hati dan jelas berkomunikasi maksud untuk pengikut, menggunakan teknologi untuk menjangkau orang lain dengan cara yang responsif, dan menggunakan teknologi untuk menangani keragaman tenaga kerja yang lebih besar.

Successful E-leadership

No one can deny that being a successful leader requires building relationships and trust. However, in the case of e-leadership, one may have the added challenge of building relationships and trust more rapidly. Close personal relationships are possible in virtual settings and leaders can aid in fostering them by considering factors of media richness. In choosing modes of communication, these leaders must consider its capacity to provide immediate feedback, availability of personalization, language variety. To this end, leaders need to learn the vividness and interactivity of media to make their presence felt in a positive way. Avolio and Kahai (2002) mention that successful e-leadership involves an appropriate balance of traditional and new methods, avoiding misunderstandings by carefully and clearly communicating intent to followers, using technology to reach out to others in responsive ways, and using technology to deal with greater workforce diversity.

https://en.wikipedia.org/wiki/E-leadership

About hfendi

SAP, Oracle, JDEDwards, Microsoft Dynamics
This entry was posted in Pendidikan. Bookmark the permalink.

Leave a comment